Lokakarya Melakukan Penelitian, Menulis Artikel dan Publikasi untuk BEM dan Dema FISIP UPM Tahun 2023

Rabu tanggal 8 Februari tahun 2023 politik laksanakan Lokakarya yang diberi judul “Melakukan Penelitian, Menulis Artikel dan Publikasi” peserta mahasiswa yang menjadi anggota BEM dan Dema. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari permintaan mahasiswa anggota BEM dan Dema Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang saat itu menjadi panitia dalam latihan dasar kepemimpinan untuk mendapatkan pelatihan yang sama. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Bapak Verto Septiandika, M.AP. dengan pemateri yakni Bu Renny Candradewi Puspitarini, M.A. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 08.00 sampai 10.30 di ruang kuliah 26 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Panca Marga.

Beberapa hal yang disampaikan dalam kegiatan ini adalah:

  1. bagaimana melakukan penelitian lapangan
  2. bagaimana mendapatkan referensi
  3. bagaimana mendapatkan data dan bagaimana teknik pengumpulan data dilakukan
  4. bagaimana pendekatan yang digunakan untuk melakukan penelitian lapangan
  5. bagaimana melakukan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif
  6. bagaimana memilih judul
  7. bagaimana merumuskan pertanyaan penelitian
  8. bagaimana menemukan masalah dan merumuskannya
  9. bagaimana mengenali tujuan dan manfaat penleitian
  10. bagaimana menuliskan hasil penelitian lapangan dalam suatu artikel jurnal yang sistematis dan ilmiah
  11. bagaimana menemukan rumah jurnal yang baik dan mempublikasikannya
  12. bagaimana mengetahui jika publikasi itu gratis dan berbayar
  13. bagaimana mengetahui jurnal terakreditasi nasional (ber-SINTA) dan jurnal terakreditasi nasional

Hal diatas adalah yang menjadi pemaparan yagn disampaikan oleh pemateri yang juga bertindak sebagai reviewer jurnal nasional terakreditasi sekaligus asisten editor jurnal nasional (tidak terakreditasi atau ber-ISSN).

Tak ada kesempatan yang datang kedua kali , sehingga pada kesempatan itu juga harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, juga guna membuahkan hasil yang maksimal , sangat berguna dan guna bisa kenal dalam lagi , serta bisa lebih baik lagi dalam mempraktikan / implementasikan dalam tugas menugas jurnal kedepannya, tepatnya pada kesempatan untuk menghadiri seminar lokakarya dengan judul “Melakukan Penelitian, Menulis Artikel dan Publikasi”, dan diikuti juga oleh peserta mahasiswa FISIP yang menjadi anggota BEM DEMA FISIP , serta  dihadiri oleh pemateri atau mentor (Bu Renny Candradewi P, M.A) pada Rabu (8/2). Adapun pembahasan pemaparan beliau berupa  tahapan-tahapan melakukan penelitian, strategi menulis artikel yang baik dan efektif, serta cara mempublikasikan hasil penelitian.

Dengan mengikuti seminar ini juga, diharapkan mahasiswa FISIP khususnya Anggota BEM DEMA Periode 2022-2023 kedepannya untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan penelitian yang baik, menulis artikel, dan publikasi yang memenuhi standar akademis dan publikasi hasil penelitian yang efektif. 

Kemudian, dari publikasi artikel akan membantu sekaligus memperkenalkan hasil penelitian kepada masyarakat luas, dan membantu meningkatkan visibilitas dan reputasi akademik peneliti.