Pengenalan Kehidupan Kampus untuk Maba 2022

Universitas Panca Marga Kembali melaksanakan kegiatan PK2MABA secara luring setelah 2 tahun memutuskan untuk mengadakan PK2MABA secara daring, mengingat pada saat itu virus Covid-19 menggemparkan dunia tak terkecuali Indonesia. Adapun PK2MABA itu sendiri merupakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus pada Mahasiswa Baru. Kegiatan tersebut memiliki tujuan agar para mahasiswa baru lebih mudah beradaptasi dengan berbagai kegiatan yang ada di perguruan tinggi, baik secara akademik maupun non-akademik.

Pada tanggal 06-07 September 2022 Pengenalan Kehidupan Kampus diselenggarakan oleh Universitas Panca Marga Probolinggo yang diawali dengan upacara pembukaan serta penyambutan, mereka datang ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Panca Marga setelah melewati beberapa seleksi mahasiswa baru dan secara resmi telah dikukuhkan oleh Rektor Universitas Panca Marga Prof. Dr. Ir. H.R. Abdul Haris, M.M. di Lapangan Universitas Panca Marga Probolinggo dilanjutkan dengan pengenalan kehidupan serta memberikan informasi terkait administrasi kampus secara menyeluruh.  

Selanjutnya, pada tanggal 08 September 2022 kegiatan Orientasi Mahasiswa baru dilaksanakan di tingkat fakultas. Tentunya PK2MABA berbeda dengan P2MABA dimana kegiatan P2MABA ini lebih spesifik kepada pembinaan serta pengembangan kemampuan mahasiswa, Sebanyak 42 mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Panca Marga tahun akademik 2022/2023 disambut dengan hangat oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Panca Marga, Imam Sucahyo, S.IP., M.AP. beserta dekan lainnya. Para dekan  memberikan motivasi kepada mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik untuk selalu berkontribusi positif pada Almamater tercinta Universitas Panca Marga Probolinggo.  Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul  08.00 WIB di ruang sebelah timur Bank Jatim, para mahasiswa  mengikuti segala rangkaian acara sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.  Kegiatan ini diisi oleh Dekanat dan BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, setelah sambutan dari dekanat selesai, kegiatan selanjutnya adalah BEM di Lingkup Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik memperkenalkan profil organisasi serta memberikan motivasi kepada mahasiswa baru untuk aktif, seperti hal nya yang disampaikan oleh ketua BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik tahun 2022 “Untuk adik-adik sekalian  aktiflah kalian dalam berkuliah, jangan menjadi mahasiswa kupu-kupu yang hanya kuliah lepas itu pulang, mengikuti organisasi dapat melatih kalian menjadi manusia yang berani entah itu menyuarakan pendapat atau mendapatkan skill lainnya” 

Kegiatan PK2MABA ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Universitas Panca Marga Probolinggo, Karena setelah acara ini mahasiswa baru akan diberikan sertifikat sebagai tanda bukti bahwa mahasiswa baru telah mengikuti kegiatan tersebut, selain itu sertifikat PK2MABA ini sangat penting karena digunakan untuk memenuhi persyaratan melakukan kegiatan skripsi di tingkat akhir, Oleh karena itu kegiatan ini tidak boleh ditinggalkan atau diabaikan. Apabila mahasiswa baru di tahun 2022 ini berhalangan hadir dalam kegiatan, maka pelaksanaan PK2MABA dapat dilakukan tahun berikutnya. Kegiatan ini diakhiri dengan upacara penutupan pada tanggal 08 September 2022 Pukul 17.00 WIB oleh Rektor Universitas Panca Marga Probolinggo.  

Diharapkan dengan acara PK2MABA tahun ini, para mahasiswa baru mempunyai wawasan kebangsaan, menumbuhkan sikap disiplin dan tanggung jawab, mengutamakan kepentingan tugas kelompok diatas kepentingan individu, semangat menggapai cita-cita, cinta tanah air dan bangsa, cinta almamater, serta berjiwa kepemimpinan yang tinggi. Selamat Datang Mahasiswa Baru Universitas Panca Marga Probolinggo, selamat belajar dan berkarya.