Sosialisasi Pedoman Skripsi Program Studi Administrasi Publik Tahun 2022

Kegiatan workshop “Pedoman Penulisan dan Pelaksanaan Skripsi” dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yaitu pada hari sabtu (9/10). Inimerupakan salah satu agenda penting bagi mahasiswa yang ke depannya akan menempuh skripsi utamanyabagi mahasiswa tingkat akhir semester 7. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 7 baik kelas reguler pagi hingga kelas karyawan kelas sore. 

Kegiatan inimenjadi awal dari perjalanan mahasiswa sebelum melaksanakan dan mengerjakan skripsi. Hal itu juga, yang menjadikan kegiatan itu penting karena semua dosen yang telah ditunjuk menjadi pemateri akan memberikan pemaparannya secara konseptual dan sistematis. Daftar hadir dosen yang datang pada hari itu yakni Bapak Dekan Pak Imam Sucahyo, M.IP, lalu ada Bapak Andi Nur Rahmadi, MIP, Bapak Verto Septiandika, M.AP, Bapak Husni Mubarok, M.FIL, Bapak Eko Yudianto, M.AP, Ibu Renny Candradewi P, MA, dan Ibu Veronica Sri Astuti, M.Si. 

Dekanat yang hadir bersama dengan pemateri dari dosen

peserta kegiatan ini, sebelumnya telah mendapat informasi pembagian ruangan. Pembagian ruang tersebut bertujuan agar para mahasiswa dapat mendengarkan pemaparan materi dan kiat-kiat apa saja yang perlu dipersiapkan dalam memulai pengerjaan skripsi nantinya. dosen ditugaskan sbeagai pemateri antara lainyaitu Ibu Veronica Sri Astuti, M.Si.  Bapak Andi Nur Rahmadi, M.IP Bapak Verto Septiandika, M. APdan Ibu Renny Candradewi P, MA. . Dari sejumlah nama dosen yang telah diberikan tugas, mereka merupakan dosen-dosen yang kompeten dan memiliki keahlian dan kelebihan masing-masing dibidangnya. Sehingga terlihat sekali para mahasiswa mendengarkan dan mengikuti kegiatan tersebut dengan serius dan seksama. Rangkaian prosesi acara, yakni :

  • Pembukaan;
  • Menyanyikan lagu Indonesia Raya;
  • Mendengarkan sambutan dari bapak dekan yaitu bapak Imam Sucahyo;
  • Lalu dilanjutkan dengan penjelasan terkait acara selanjutnya oleh bapak wakil dekan 1 yaitu bapak Verto Septiandika;
  • Terakhir penutupan yang mana peserta dihinbau untuk ke ruangan masing-masing.

Terkait mekanisme kegiatan di lapangan, juga dibantu oleh mahasiswa anggota BEM & Dema Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Oleh karena itu, kita juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang membantu dalam kegiatan di lapangan. Dan selanjutnya kita masuk kepada pembahasan yang berupa inti kegiatan tersebut. Dalam hal ini, kita merangkum dari pemaparan dan penjelasan yang telah dijelaskan oleh Ibu Renny.

Pada awal pembahasan, beliau menawarkan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang apa saja yang ingin diketahui dan belum diketahui seputar skripsi. Sambil memberi waktu mahasiswa untuk mencermati substansi paling penting dalam buku pedoman skripsi. Sebelumnya, para peserta telah diberikan buku berupa pedoman penulisan ujian skripsi progam sarjana (S1). Berikut beberapa pertanyaan yang telah ditanyakan oleh audiens, yaitu :

  • Sistematika penulisan
  • Referensi
  • Fokus penelitian
  • Etika komunikasi dengan dosen pembimbing
  • Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat pengerjaan skripsi
  • Bedah kata kunci dari judul masing-masing

Sistematika penulisan, pada hakikatnya sistematika penulisan telah dijelaskan secara rinci dan detail di buku pedoman. Seperti pembagian porsi jumlah penulisan, lalu format penulisan berupa aturan,jarak, margin, ukuran, dan lain sebagainya. Sebelum mengerjakan latar belakang, kita harus tau apa yang mau dibahas di judul kita, dan apa saja yang harus dijelaskan.

Hal itu, selaras yang dimaksud dengan aksiologi, ontologi dari latar belakang tersebut. Aksiologi menjelaskan berupa tujuan apa yang ingin disampaikan atau dituangkan di dalam penulisan skripsi tersebut dan ontologi berupa sejauh mana anda atau kita menguasai tema dari yang akan kita bahas.

Kedua, referensi menggunakan aplikasi agar dapat memudahkan kita dalam mengerjakan. Berupa aplikasi mendeley, zotero, google doc, dan lain sebagainya. Lalu, bagian fokus penelitian menjelaskan berupa apa yang harus anda teliti dan apa yang harus tidak anda teliti. Selanjutnya, yaitu hal-hal yang harus diperhatikan berupa etika ketika menghubungi dosen pembimbing 1 maupun 2.

Terakhir, berupa mengenali dan menganalisis terkait kata kunci dari judul kita yang telah kita ajukan di acc. Agar kita dapat memahami apa saja sih kata kunci dari judul kita dan yang terpenting agar kita tidak salah jalan atau melewati batas dari pembahasan yang telah kita tentukan

Ini adalah contoh relevansi antara judul, kata kunci, dengan kerangka dasar teoritis, yuridis dan empiris