Mengabdi Pada Masyarakat Lewat Pembuatan dan Pembagian Hand Sanitizer Organik

Pelaksanaan perkuliahan tatap muka mulai diterapkan di Universitas Panca Marga Probolinggo. Pelaksanaan ini juga tetap memprioritaskan penerapan protokol kesehatan di lingkungan kampus. Salah satu upaya penerapan protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan. Fenomena ini menggerakkan mahasiswa mengadakan Pengabdian Masyarakat untuk meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di lingkungan kampus khususnya menekan penyebaran virus covid-19 selama masa perkuliahan tatap muka.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh 10 Mahasiswa Kelas 5B Sore, Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik yang di dampingi oleh Ibu Renny Candradewi Puspitarini M.A selaku dosen pengampu mata kuliah Sustainable Development.

Kegiatan Pengabdian masyarakat di lingkungan Universitas Panca Marga ini dirangkai dengan beberapa kegiatan dan acara. Kegiatan pertama dengan menyelenggarakan sosialisasi pembuatan hand sanitizer dengan bahan lidah buaya, kemangi, dan alkohol 70%. Kegiatan kedua adalah melakukan pembagian hand sanitizer dan flyer cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami serta meletakkan hand sanitizer yang dibuat dibeberapa ruang kelas. Kegiatan ketiga merupakan bentuk evaluasi kegiatan dengan teknik membuat vidio pembuatan hand sanitizer alami dan kegiatan sosialisasi dan pembagian flyr dan hand sanitizer alami yang di posting di akun youtube dan instagram.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan pada bulan Desember 2020 di lingkungan Universitas Panca Marga. Kegiatan sosialisasi pembuatan hand sanitizer dengan bahan lidah buaya, daun kemangi, dan alkohol 70% berjalan dengan sangan baik dan lancar. Peserta sosialisasi dan warga kampus terlihat antusiqs adanya hand sanitizer alami. Warga kampus tertarik dengan produk hand sanitizer alami ini dengan warna hijau pekat akan tetapi tidak meninggalkan bekas warna pada tangan. Justru hand sanitizer alami ini membuat tangan lebih lembab, aromanya segar alami, dan dapat membunuh bakteri secara maksimal.

Pada kegiatan sosialisasi ini, disampaikan terkait pembuatan hand sanitizer dengan cara yang praktis atau bisa dikatakan dapat dipraktekkan dengan mudah ketika dirumah. Bahan-bahannya yaitu alkohol 70%, lidah buaya dan kemangi. Lidah buaya dan kemangi adalah bahan-bahan yang mudah ditemukan bahkan dapat tumbuh di halaman rumah. Pemilihan kedua bahan alami ini karena memiliki keunggulan yang sesuai untuk bahan pembuatan Hand Sanitizer alami yang praktis dibuat secara mandiri oleh seluruh masyarakat.

Setelah dilakukannya kegiatan sosialisasi ini Mahasiswa juga membagikan hasil sosialisasi yang berupa hand sanitizer dan flyer cara membuat hand sanitizer alami tersebut kepada masyarakat dilingkungan Universitas Panca Marga dan meletakkan botol hand sanitizer di setiap ruang kelas untuk memudahkan dosen dan mahasiswa membersihkan tangan di dalam kelas. Tidak lupa seluruh kegiatan di posting pada akun youtube dengan link https://youtu.be/Ro0hJGJ6Tqw.

Brosur yang disebarkan sebagai media komunikasi bagi penerima hand sanitizer. Brosur dibagikan secara gratis disertai dengan sosialisasi pentingnya menggunakan hand sanitizer bersamaan dengan pengetatan prokes untuk mencegah penyebaran covid-19

 

Foto hand sanitizer yang diberikan dan disebarkan gratis pada masyarakat di lokasi kegiatan

Gambaran langkah yang dilakukan mahasiswa kelas B mata kuliah sustainable development dalam proses meracik hand sanitizer

Seluruh peserta kuliah berpartisipasi dalam menyebarkan hand sanitizer secara gratis di lokasi kegiatan. Foto kiri atas: Elok Hanifa melakukan sosialisasi prokes. Foto kanan bawah: Mahasiswa Abdul Basit memberikan sosialisasi pada mahasiswa yang ditemui di lokasi kegiatan.

Peserta kuliah yang berpartisipasi mendisitribusikan hand sanitizer. Dari kiri ke kanan: Egy Aprilio, Nurul Jannah Fitria, Meliana Putri, Revanggi, Sahrul hidayat. Foto bawah: sebelah kiri dari Sahrul Hidayat, Lailatul Khomariyah

Kontributor NJF/EGA/EHN/MPT/RVA/ABD/CHN/LCH/YGK/SHR