Fisip UPM Gunakan Google Classroom Terapkan Kelas Daring

PROBOLINGGO-UPM. Google Classroom (atau dalam bahasa Indonesia yaitu Ruang Kelas Google) adalah suatu serambi pembelajaran campuran yang diperuntukkan terhadap setiap ruang lingkup pendidikan yang dimaksudkan untuk menemukan jalan keluar atas kesulitan dalam membuat, membagikan dan menggolong-golongkan setiap penugasan tanpa kertas. Perangkat lunak ini telah diperkenalkan sebagai keistimewaan Google Apps for Education lalu itu disudahi dengan pengeluaran kepada khalayak sejak 12 Agustus 2014. Google sudah melakukan pemberitahuan mengenai antarmuka pemrograman aplikasi dari sebuah ruang kelas dan sebuah tombol berbagi untuk situs web sehingga pihak kepengelolaan sekolah beserta para pengembang diperkenankan supaya melakukan penerapan lebih lanjut terhadap Google Classroom.

Saat ini mata kuliah yang diampu oleh Renny Candradewi MA telah menerapkan google classroom sebagai media tatap muka, komunikasi tugas, komunikasi pengumuman hingga berbagi materi kuliah. Kelas daring ini aktif pasca Ujian Tengah Semester. Ungkapan terima kasih diberikan kepada Bapak Ahmad Izzudin, ST, M.Kom. yang berkenan untuk berbagi ilmu dan menginspirasi dosen fakultas ilmu sosial dan ilmu politik beserta segenap dosen lainnya untuk menggunakan Google Classroom.

Google Classroom memertalikan banyaknya layanan Google secara berbarengan guna mengulurkan sambung tangan bagi lembaga-lembaga pendidikan agar beralih cara menuju sistem tanpa kertas. Pembuatan dan pemberian tugas bisa dilakukan penyelesaiannya melewati Google Drivesambil menggunakan Gmail untuk membuat pemberitahuan di ruang kelas Google. Para murid dapat diundang ke sebuah ruang kelas dengan beberapa cara yaitu melalui basis data lembaga, melalui sebuah kode pribadi yang kemudian dapat ditambahkan di dalam antarmuka murid atau dengan didatangkan secara sendirian dari Sistem Pengelolaan Keterangan Sekolah (School Information Management System). Google Classroom disatupadukan dengan Google Calendar dari para murid dan guru. Tiap-tiap kelas dibuatkan dengan adanya sebuah berkas yang dipisahkan oleh Google Classroom di dalam masing-masing layanan Google di mana para murid dapat menyerahkan hasil kerjanya untuk digolong-golongkan oleh seorang guru.

Penyampaian kabar melalui Gmail membebaskan para guru untuk membuat pengumuman serta menanyakan mengenai soal-soal kepada muridnya dalam kelasnya masing-masing. Para guru bisa menambahkan secara langsung muridnya dari direktori Google Apps dan bisa menyediakan sebuah kode yang dapat dimasukkan sebagai jalan masuk/akses untuk para murid ke kelasnya.

Google Classroom memiliki keberlainan dengan layanan-layanan biasa Google yaitu tidak terdapat pariwara atau iklan apapun dalam bagian antarmuka untuk para murid, fakultas dan para guru serta data pengguna tidak menjalani pemindaian dan tidak dipakai untuk kegunaan pengiklanan.

Adapun tampilan google classroom yang telah diinisiasi oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmi Politik dapat dicermati di bawah ini:

Tampilan Kelas Kelas yang dikelola menggunakan Google Classroom melalui aplikasi telepon pintar

Kelas Teori Pembangunan adalah kelas paling aktif dan interaktif yang memuat 37 mahasiswa semester 4 kelas A

Deskripsi mata kuliah dan ruang kuliah yang digunakan dapat disetel melalui aplikasi GC dari perangkat Anda

Dosen dari Universitas Swasta di Jakarta, Dosen IAIN Kudus, Dosen Wijaya Kusuma Surabaya, juga ikut berpartisipasi belajar bersama Universitas Panca Marga Probolinggo

Aktivitas diskusi yang interaktif oleh Mahasiswa UPM Probolinggo

Tunggu apalagi, Universitas Panca Marga Probolinggo jelas lebih unggul, lebih dinamis, lebih responsif dan kekinian.

Jangan ragu bergabung dengan Fisip UPM dan mendulang ilmu bermanfaat membangun negeri.