Yudisium FISIP Tahun 2022

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menyelenggarakan “Rapat Terbuka Senat” dalam rangka penyelenggaraan yudisium bagi mahasiswa. Dengan dihadiri oleh Bapak Ibu Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan dihadiri oleh 44 mahasiswa yang melaksanakan yudisium. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Agustus 2022 di ruang pertemuan atas perpustakaan Universitas Panca Marga Probolinggo. Yudisium ini diselenggarakan untuk mahasiwa  angkatan tahun akademik 2021/2022.

Gambar Dekanat, Senat dan Dosen Administrasi Publik berfoto dengan para yudisi

Yudisium kali ini berlangsung secara offline meskipun  masih cukup dibatasi karena dilaksanakan di suasana pandemi. Walaupun demikian, para peserta dan tamu undangan tetap mematuhi protokol kesehatan secara mandiri dengan menggunakan masker menjaga jarak. 70%  yang didapatkan peserta yudisium merupakan inti dari suatu kedisiplinan dan kecerdasan intelektual yang dimiliki oleh mahasiswa. Dengan kecerdasan intelektual yang dikembangkan diharapkan tidak hanya tercermin dari IPK yang tinggi, tetapi juga dari nalar dan praktik yang baik. Sehingga mahasiswa sudah memiliki ilmu untuk diterapkan di lingkungan masyarakat maupun lingkungan kerja.

gambar mahasiswa angkatan 2018 yang berfoto bersama
Yudisium sebagai bentuk akhir dari kegiatan akademik mahasiswa yang dilaksanakan sebelum adanya kelulusan (wisuda).  Yudisium sendiri merupakan momen yang penting ketika seluruh proses perjalanan studi telah dilewati oleh seluruh mahasiswa perguruan tinggi. Ketika menjadi seorang sarjana tentunya tantangan kedepan masih banyak dan ini bukan akhir dari sebuah perjuangan melainkan awal untuk berproses di tengah lingkungan masyarakat. Selain itu, yudisium ini  sebagai  agenda tahunan yang kerap diselenggarakan oleh  setiap Fakultas, salah satunya  diselenggarakan juga oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik tahun akademik 2021/2022. Sudah dipersiapkan jauh hari oleh pihak yang terkait  sehingga dapat berlangsung khidmat, sukses dan lancar sampai akhir acara.

Perlu kita ketahui lulusan yang berkualitas bukan hanya yang menggenggam Indeks Prestasi Kumulatif tinggi, tetapi harus juga memiliki karakter yang baik sehingga dapat menciptakan lingkungan yang sehat dimanapun ia bekerja.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Bapak Imam Sucahyo S. IP., M. AP menyampaikan “ucapan selamat kepada seluruh peserta yang telah berusaha dan menuntaskan pendidikannya di Universitas Panca Marga, beliau berpesan kepada mahasiswa agar tetap semangat. Selain itu, dekan juga berpesan agar mahasiswa yang telah lulus dapat memanfaatkan ilmu yang didapat selama belajar di bangku kuliah dengan baik. Sehingga dapat ikut berkontribusi untuk masyarakat demi kemajuan bangsa Indonesia. Selain itu, sebagai alumni mereka dihimbau untuk tetap menjaga nama baik almamater UPM” . 

Beliau juga menambahkan, IPK bukanlah ukuran mutlak seseorang meraih kesuksesan, namun softskill dan berkomunikasi dengan baik merupakan kunci seseorang meraih kesuksesan. Dengan harapan tersebut beliau berharap mendapatkan lulusan yang berkompeten dengan adanya kesiapan di  bidang akademik, khususnya dalam pengelolaan soft skills yaitu kemampuan komunikasi , kecerdasan sosial yang melekat dalam diri, serta kemampuan beradaptasi dengan baik di dalam kehidupan maupun dunia kerja.

Setelah sambutan oleh Bapak Imam Sucahyo S.AP., M.AP selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Panca Marga Probolinggo dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan penyerahan penghargaan kepada mahasiswa yang memiliki capaian IPK tertinggi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Administrasi Publik pada Tahun Akademik 2021/2022.  Dan tibalah di penghujung acara penutupan acara / selesai, kemudian dilanjutkan dengan acara foto bersama.