Kuliah Kerja Nyata Tahun 2018

PROBOLINGGO- UPM Kuliah Kerja Nyata (KKN) bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah terpilih. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Universitas dan Perangkat Desa. Hal ini sesuai dengan instruksi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia yang telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Program yang dilaksanakan tiap perguruan tinggi berbeda-beda tergantung pada disiplin ilmu yang terkait serta kebutuhan masyarakat dari daerah yang dituju sebagai tempat pelaksanaan KKN. Program yang dibuat dapat terbagi menjadi program umum seperti peringatan hari besar, dan program khusus yang terkait tema besar suatu tim KKN. Beberapa tema khusus KKN antara lain seperti pendidikan, pariwisata, sumber daya alam, dan peduli bencana.

KKN Universitas Panca Marga Probolinggo dilaksanakan pada beberapa desa yang terpilih salah satunya adalah Desa Sebaung, Desa Sologudik Wetan dengan Dosen Pendamping Lapangan Bapak Eko Yudianto, M.AP, dan desa Taman Sari dengan Dosen Pendamping Lapangan Bu Veronica Sri A.N., M.Si.

KKN tersebut diarahkan untuk membiasakan mahasiswa dapat beradaptasi dan dan berinteraksi dengan lingkungan masyarakat. Interaksi dengan masyarakat menjadi bekal mahasiswa ketika lulus nanti akan terjun dan menjadi bagian dari kehidupan bermasyarakat. KKN dapat menjadi media untuk menimba ilmu masyarakat sebagai bekal hidup tetapi juga dapat menjadi beban bagi mahasiswa yang enggan untuk bersikap terbuka. Mahasiswa diharap dapat belajar toleransi dan berpikiran terbuka serta rendah hati dalam proses melebur dengan masyarakat dengan segala kemajemukan dan kearifan lokalnya. Segala pengalaman yang diperoleh selama sebulan lebih terjun ke masyarakat akan sangat bermanfaat bagi anak-anak muda ini yang pada akhirnya menjadi generasi penerus bangsa demi mewujudkan generasi muda yang cepat tanggap, peduli, berpikiran terbuka, berwawasan ke depan, berdaya saing dan unggul di bidang masing-masing.

Berikut adalah dokumentasi yang dikumpulkan oleh mahasiswa peserta KKN untuk arsip kegiatan yang diterima oleh redaksi:

Kegiatan dan Aktivitas Mahasiswa KKN UPM Probolinggo di Desa Taman Sari dengan Dosen Pendamping Lapangan Bu Veronica S.A.N., M.Si.

Salah satu kegiatan dan partisipasi mahasiswa KKN di Desa Taman Sari adalah pendampingan pemberdayaan UMKM. Mahasiswa membantu salah satu UKM yakni home industry rengginang milik Bu Sugito. Mahasiswa dan Dosen sebagai pendamping mensosialisasikan pentingnya menjaga kualitas produksi, menciptakan dan memelihara brand, mengurus ijin BPOM, mengurus ijin usaha disperindag secara efektif dan efisien. Harapannya, home industry ini dapat lebih percaya diri untuk bersaing secara lokal, internasional bahkan global.

Mahasiswa juga membantu untuk menyusun desain produk rengginang sebagaimana gambar di bawah ini:

Mahasiswa juga membantu dengan memanfaatkan piranti digital membangun situs pemerintah desa Taman Sari. Situs ini dibangun guna memaksimalkan promosi kegiatan dan informasi profil desa Taman Sari:

Karya Mahasiswa Maulana habib dibantu oleh rekan-rekannya dengan menerapkan pengetahuan dan wawasan yang diperoleh saat mengikuti Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen dan bekal ilmu dan pengalaman lainnya

Di samping kegiatan di atas, terdapat kegiatan reguler yang biasa dilakukan saat KKN yaitu sosialisasi dan peringatan Kemerdekaan RI.

Adapun foto kegiatan lomba dan semarak menyambut hari kemerdekaan dapat dilihat di bawah ini:

Pengelolaan home industri dan pengurusan perijinannya. Pemateri Disperindag

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tim Mahasiswa di Desa Sebaung

Kegiatan Gotong Royong Bersih Desa

catatan:

dokumentasi kegiatan dan penjelasan dapat dikirimkan secara daring melalui redaksi di alamat whatsapp sebagai berikut 081336707390 dengan diketahui oleh DPL masing-masing; Redaksi juga menerima dokumentasi dan penjelasan kegiatan yang dikirim oleh DPL masing-masing melalui daring pada alamat whatsapp di atas.